Pages

Tata Cara Shalat Jenazah

Muqaddimah

Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta'ala. Salam dan shalawat kita panjatkan ke hadirat Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi wa Sallam, Rasul pilihan dan manusia teragung yang dilahirkan di dunia ini.
Allah Subhannahu wa Ta'ala telah mewajibkan umat Islam untuk melaksanakan shalat lima waktu dalam sehari semalam. Tidak diragukan lagi, bahwa shalat yang lima waktu ini merupakan tiang agama Islam dan salah satu dari rukun-rukunnya. Di samping shalat fardhu, terdapat pula beberapa jenis shalat yang sifatnya tathawwu’ (sukarela), di dalam makna bukan merupakan kewajiban yang mutlak. Seluruh shalat yang disyariat-kan di dalam Islam selain yang lima waktu dan sifatnya merupakan tamba-han, maka ia disebut sebagai shalat tathawwu’.
tulisan ini, saya akan membahas secara ringkas seputar tata cara Shalat Jenazah. Semoga Tulisan ini bermanfaat bagi yang membaca dan khususnya bagi penulis sendiri.
 Wallahu 'Alam

Tata Cara Shalat Jenazah

Dalam tata cara shalat jenazah ini terdapat perbedaan tentang jumlah takbir, ada yang berpendapat empat kali, lima kali takbir, dan enam kali takbir sebagaimana dalam hadits:

(584) وَعَنْ عَبْدِالرَّحْمَانِ اَبِى لَيْلَى قَالَ: كَانَ زَيْدُبْنُ اَرْقَمَ رَضِيَاللهُ عَنْهُ يُكَبِّرُ عَلَى جَنَائِزِنَا اَرْبَعًا، وَاِنَّهُ كَبَّرً عَلَى جَنَازَةٍ خَمْسًا، فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ: كَانَ رَسُوْلُاللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكَبِّرُهَا (رواه مسلم والاربعة)
(585) وَعَنْ عَلِىٍّ رَضِىَاللهُ عَنْهُ، اَنَّهُ كَبَّرً عَلَى سَهْلِ بْنِ حُنَيْفٍ سِتًّا وَقَالَ: اِنَّهُ يَدْرِيٌّ (رواه سعيدبن منصور، واصله فى البخاريٌّ)

Namun, dalam tulisan ini penulis akan menjelaskan tata cara Shalat Jenazah dengan empat kali takbir

1.    Takbir Pertama

Pada takbir pertama ini membaca Membaca Surat Al-Fatihah, sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan:

(585) وَعَنْ جَابِرٍ رَضِىَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يُكَبِّرُ عَلَى جَنَائِزِنَا أَرْبَعًا وَيَقْرَأُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ فِى التَّكْبِيْرَةِ الاُولَى (رواه الشافعى باسناد ضعيف)
(586) وَعَنْ طَلْحَةَ بْنِ عَبْدِاللهِ بْنِ عَوْفٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهَ قَالَ: صَلَّيْتُ خَلْفَ ابْنِ عَبَّاسٍ عَلَى جَنَازَةٍ، فَقَرَأَ فَاتِحَةَ الْكِتَابِ فَقَالَ: لَِيَعْلَمُوْا أَنَّهَا سُنَّةٌ (رواه البخارى)

2.    Takbir Kedua

Pada takbir ini membaca shalawat sebagaimana bacaan shalawat ketika Tahiyat. Yaitu:

اَللهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّد وَعَلَى آلِ مُحَمَّد كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى اِبْرَاهِيْم وَعَلَى آلِ اِبْرِاهِيْم، وَبَارِكْ عَلَى مُحَمَّد وَعَلَى آلِ مُحَمَّد كَمَا بَارَكْتَ عَلَى اِبْرِاهِيْم وَعَلَى آلِ اِبْرَاهِيْم فِي الَعَا لَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد

Khusus Untuk bagian Shalawat وَعَلَى آلِ اِبْرَاهِيْم فِي الَعَا لَمِيْنَ اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد bisa juga cukup dibaca dengan وَعَلَى آلِ اِبْرَاهِيْم اِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْد

3.    Takbir Ketiga

Pada takbir yang ketiga ini membaca do'a untuk jenazah, sebagaimana do'a yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits:

وَعَنِ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ قَالَ: صلى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم عَلَى جَنَازَةٍ. فَحَفِظْتُ مِنْ دُعَائِهِ "اَللهُمَّ اغْفِرْلَهُ، وَعَافِهِ، وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاَغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَاالدَّنَسٍ، وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ، وَأَدْخِلْهُ الجَنةَ، وَقِهِ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَعَذَابَ النَّارِ" (رواه مسلم)

4.    Takbir Keempat

Pada takbir keempat ini membaca do'a sebagaimana yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa Sallam dalam sebuah hadits:

وَعَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ تَعَالَى عَنْهُ قَالَ: كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم اِذَا صَلَّ عَلَى جَنَازَةٍ يَقُوْلُ: "اللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا، وَمَيِّتِنَا، وَشَاهِدِنَا، وَغَائِبِنَا، وَصَغِيْرِنَا، وَكَبِيْرِنَا، وَذَكَرِنَا، وَأُنْثَانَا، اللهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الاِسْلاَمِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الاِيْمَانِ. اللهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ، وَلاَ تُضِلَّنَا بَعْدَهُ"(رواه مسلم)  

Dalam Riwayat Ahmad, Disebutkan Pula:

وَعَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ: صلى رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم عَلَى جَنَازَةٍ فَقَالَ: "اللهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَمَيِّتِنَا، وَصَغِيْرِنَا وَكَبِيْرِنَا، وَذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا، وَشَاهِدِنَا وَغَائِبِنَا، اللهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الاِسْلاَمِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتَهُ مِنَّا فَتَوَفَّهُ عَلَى الاِيْمَانِ. اللهُمَّ لاَ تَحْرِمْنَا أَجْرَهُ، وَلاَ تُضِلَّنَا بَعْدَهُ"(رواه أحمد وأصحاب السنن)

Lalu ditambahkan dengan do'a yang sebagaimana di dalam sebuah hadits disebutkan :

قَالَ أَبُوْ هُرَيْرَةَ: دَعَا رَسُوْلَالله صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم فِى الصَّلاَة عَلَى الجَنَازَة فَقَالَ: "اللهُمَّ أَنْتَ رَبُّهَا، وَأَنْتَخَلَقْتَهَا وَأَنْتَ رَزَقْتَهَا، وَأَنْتَ هَدَيْتَهَا للاِسْلاَم، وَأَنْتَ قَبَضْتَ رُوْحَهَا، وَأنْتَ أعْلَمُ بِسَرِّهَا وَعَلاَ نِيَتَهَا، جِعْنَا شُفَعَاءَ له، فَاغْفِرْله ذنبه".

5.    Salam


Salam Seperti biasa dilakukan dalam Shalat-Shalat yang lain dengan mengucapkan:
أَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله
Namun ada perbedaan pendapat dikalangan Ulama' tentang jumlah sala, ada yang satu ada pula yang dua, untuk pembahasan ini bisa dilihat dalam Shahih Fiqhu As-Sunnah Karya Abu Malik Kamal.
Wallahu 'Alam


Daftar Pustaka

Atsqalani, Ibnu Hajar, Bulughul Maram, Maktabah Daar Ahyaa' Al-Kitab Al-Arabiyah Indonesia, Tanpa tahun,

Sabiq, Sayid, Fiqhu As-Sunnah, Beirut, Dar Al-Fikr, 1403H

Kamal, Abu Malik, Shahih Fiqih Sunnah, Jilid 2, Jakarta : Pustaka Tazkia, 2006

No comments:

Post a Comment

Jika anda mempunyai sepucuk kata, tolong tempatkan disini, jika berkenan