Pages

apa itu radiasi dan cara kerjanya

PENGERTIAN RADIASI

Radiasi adalah pancaran energi melalui satu ruangan atau materi dalam bentuk panas, gelombang elektromagnetik ,cahaya dan partikel itu semua berasal dari radiasi, beberapa sumber radiasi yang sebenarnya kita kenal dalam kehidupan kita seperti kompurter, hp, lampu, tv dan lain lain


CARA KERJA RADIASI DALAM TEKNOLOGI KOMUNIKASI

2.4.1 Pemancaran Data Informasi
Saat pengguna ponsel sedang melakukan komunikasi, gelombang sinyal suara yang dihasilkan dari pengguna ponsel akan merambat di udara. Gelombang sinyal suara tersebut akan diterima olehmicrophone untuk diubah menjadi gelombang elektromagnetik dan akan dilanjutkan kepada bagian audio processor untuk dikuatkan dan diproses. Jika pengguna ponsel melakukan SMS, maka perintah yang diketik oleh pengguna ponsel kepadakeyboard akan di proses oleh CPU (Central
Proccesor Unit).
Sinyal data informasi akan dicampur dengan sinyal pembawa olehRF (Radio
Frequency) processor. Sinyal pembawa pada teknologi GSM mempunyai kisaran
frekuensi 900-1900 MHz. Sinyal data informasi yang sudah dicampur dengan sinyal pembawa akan diterima oleh base station. Jarak ponsel kepada base station cukup jauh. Maka sinyal tersebut harus betul-betul kuat agar dapat diterima olehbase
station. Maka sinyal tersebut harus diperkuat oleh PA (Power Amplyfier). Bila
penguatan akhir pada bagian pengiriman tidak berfungsi dengan baik maka ponsel
tidak akan bisa meregistrasikan jaringan kepada operator.
Setelah dikuatkan, sinyal akan dilanjutkan kepada antenna switch untuk dihubungkan kepada antena. Antenna switch dapat dianalogikan seperti bandara, di mana pada bagian transmisi data informasi pada ponsel terdapat dua jalur, yaitu penerimaan dan pemancaran. Maka tanpa adanya antenna switch, sinyal yang diterima dengan sinyal yang akan dipancarkan akan saling bertabrakan. Sinyal selanjutnya akan dipancarkan melalui antena kepada base station. 

Penerimaan data informasi
Sinyal informasi yang dipancarkan base station akan diterima terlebih dahulu oleh antena ponsel. Selanjutnya akan diteruskan kepada antenna switch untuk diteruskan kepada LNA.
Agar sinyal dapat diterima dengan baik oleh bagian RF, sinyal yang
dipancarkan oleh base station akan dikuatkan terlebih dahulu oleh LNA (Low Noise
Amplyfier). LNA juga dapat berfungsi sebagai pemotong noise(des ah).
Sinyal yang dihasilkan oleh LNA masih tercampur dengan sinyal pembawa. Agar dapat diproses oleh bagian DSP (Digital Signal Proccesor) maka sinyal data informasi harus dipisahkan terlebih dahulu oleh RF processor. System ini dinamakan dengan demodulasi.
Sinyal data informasi akan dikonversikan menjadi berbentuk sinyal digital. Pada bagian RF, sinyal masih menggunakan berbentuk analog sedangkan pada bagian prosesor utama karakternya berbentuk digital.
Selanjutnya sinyal data informasi yang telah dikonversikan akan dilanjutkan kepada bagian prosesor utama (CPU). Bila sinyal data informasi tersebut adalah suara maka akan dilanjutkan kepada audio amplifier. Sinyal audio tersebut akan diubah menjadi gelombang elektromagnetik, selanjutnya akan dihubungkan kepada
speaker agar sinyal elektromagnetik tersebut menjadi sinyal suara yang merambat di
udara agar dapat didengar oleh telinga manusi


jenis radiasi
BERDASARKAN SUMBERNYA DIKENAL DUA MACAM RADIASI, yaitu:
            a. Radiasi Alam;
            b. Radiasi Buatran.

RADIASI ALAM SENDIRI TERDIRI DARI DUA KELOMPOK:
            a. Radiasi Kosmogenis;
            b. Radiasi Primordial (Teresterial)  
BERDASARKAN STRUKTUR DAN SIFATNYA

SINAR ALFA:
Berupa partikel bermuatan positif, dikeluarkan oleh berbagai unsur yang terdapat di alam, seperti radium dan uranium atau oleh unsur buatan manusia.
Terdiri dari dua partikel proton dan dua partikel neutron.
Daya tembusnya kecil, dapat terlindungi dengan secarik kertas saja. Namun bahayanya terhadap kesehatan muncul terutama karena masuknya zat-zat yang mengandung unsur-unsur tersebut ke dalam tubuh melalui minuman, makanan dan pernafasan. 

SINAR BETA:
Berupa radiasi elektron. Daya tembusnya agak panjang, dapat menembus 1-2 cm air dalam jaringan tubuh manusia. Namun, secarik aluminium dengan ketebalan beberapa miimiter saja sudah dapat melindungi dari sinar beta. Tritium adalah salah satu elemen pemancar sinar beta. 
SINAR GAMMA:Gelombang elektromagnetik dengan daya tembus besar. Sinar gamma dapat tembus jaringan tubuh manusia, namun dapat secara penuh terabsorbsi oleh beton dengan ketebalan satu meter. Material dengan berat jenis besar seperti beton dan timah hitam banyak dipakai sebagai pelindung terhadap radiasi gamma.
SINAR NEUTRON:Termasuk jenis radiasi dengan daya tembus  besar. Dapat dideteksi di tempat ketinggian. Radiasi neutron terjadi dalam reaktor nuklir, tapi dapat dibuat pelindung terhadapnya misalnya dengan menggunakan air.                                                                                                            
  
 EFEK RADIASI 
Ø      Zat radioaktif sering disebut pembunuh yang tak kelihatan karena keberadaan dan bahayanya tidak dapat dilihat dengan mata biasa. 
Ø      Paparan radiasi dapat membawa berbagai akibat diantarnya penyakit yang berkepanjangan seperti leukimia dan kaknker.  
Kerusakan Sel Tubuh Manusia disebabkan oleh empat proses yang berbeda, yaitu proses ionisasi, proses kimia fisika, proses biokimia dan proses biologi 


EFEK RADIASI EFEK RADIASI PADA TUBUH MANUSIA 
ü      Efek Somatik – sel rusak/mati
        Deterministik (Efek awal)
        Stokastik (Efek tertunda – Stochastic / Late effect

No comments:

Post a Comment

Jika anda mempunyai sepucuk kata, tolong tempatkan disini, jika berkenan